Gak Bisa Nyelam? Berikut 6 Tips Menyelam Buat Pemula

0
()
Menikmati pesona terumbu karang dan biota laut memang layak buat dicoba. Banyak traveler yang tergiur mendapatkan sertifikat menyelam hanya untuk menikmati pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Meski terlihat mudah, menyelam termasuk kegiatan yang bisa mengancam nyawa lho. Nah, buat kamu yang baru belajar menyelam, 6 tips ini bisa membantu kamu dalam menyelam.
Ikut discovery dive
Discovery dive cocok banget nih buat kamu yang belum pernah menyelam sama sekali. Program ini berlangsung kurang lebih satu jam dimana kamu bisa belajar dasar-dasar menyelam sama instruktur yang sudah ahli. Jadi, buat kamu yang kepengen tau rasanya menyelam, nggak ada salahnya mencoba ikut discovery dive ini.
Practice makes perfect
Semakin banyak kamu menyelam, tentunya kamu makin paham dong sama teknik-teknik menyelam. Berlatihlah sebanyak-banyaknya sebelum ikut sertifikasi supaya teknik-teknik susah seperti buoyancy bisa kamu kuasai. Hal ini penting lho biar kamu nggak menabrak karang saat menyelam nanti.
Mencoba menyelam di air keruh
Memang sih tujuan menyelam buat melihat keindahan bawah laut, tapi buat kamu yang masih belajar ada baiknya sekali-sekali menyelam di air keruh. Tujuannya biar kamu terbiasa sama jarak pandang yang terbatas dan lebih fokus saat bermanuver.
Rencanakan trip menyelam setelah sertifikasi
Banyak penyelam yang justru ciut nyalinya setelah mendapat sertifikasi. Biasanya, mereka takut buat menyelam sendiri tanpa instruktur. Waduh, kalau gini jadi sia-sia dong belajar nyelamnya. Yakinkan diri deh kalau kamu bisa menyelam mandiri, maka dari itu, trip menyelam setelah sertifikasi wajib diagendakan.
Jangan buru-buru beli alat selam
Peralatan selam memang relatif mahal. Daripada menyesal, mending kamu coba dulu menyewa alat selam berbagai merk. Dengan begitu kamu bisa menjajal dan mengetahui kelebihan masing-masing merk sebelum membelinya. Tapi kalau kamu anak Raja mah bebas, langsung aja beli yang banyak.
Nabung, nabung, dan nabung!

Setelah beberapa kali menyelam, kamu pasti sadar biaya yang diperlukan buat sekali trip itu nggak murah. Lokasi-lokasi yang spektakuler memang biasanya terletak di pulau-pulau yang jauh. Perlu biaya banyak memang buat tiket pesawat, akomodasi, belum lagi peralatan selamnya. Jadi, jangan lupa menabung ya guys.

Sumber Gambar: http://infinitybay.com

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *