Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Eco Green Park Malang

/
1701 Views
0
()

Halo sahabat Pagguci..! Sedang merencankan liburan ke tempat wisata paket lengkap yang memilikikriteria wisata edukasi, wisata yang memanjakan mata serta menyenangkan  untuk semua kalangan usia, baik anak-anak hingga orang dewasa?  Liburan ke Kota Malang saja! Disana ada tempat wisata yang sangat populer bernama Eco Green Park.

Lokasinya berada satu komplek dengan Jatim Park II. Area Eco Green Park cukup luas, perlu ekstra tenaga untuk mengelilingi dan menikmati wahana demi wahana yang tersedia. Jadi setidaknya Anda memerlukan waktu sekitar 5 jam untuk melihat secara detail tiap wahana yang tersedia. Lalu apa saja sih yang menarik dari tempat wisata yang satu ini? yuk simak ulasannya pada artikel dibawah ini!

Wisata Eco Green Park

Eco Green Park adalah salah satu tempat wisata keluarga serta wisata edukasi yang mantaap, lengkap, teduh & nyaman di kota Batu Jawa Timur. Eco Green Park berada dalam satu lokasi dengan Batu Secret Zoo & Museum Satwa (Jatim Park 2), sehingga tiketnya sering dijadikan satu paket kunjungan (lebih murah). Dapat juga tiket dibeli terpisah (lebih mahal).

Ditempat ini anda akan menemui berbagai penggunaan atau lebih tepatnya karya seni barang yang sudah tidak terpakai meliputi sampah elektronik, dan otomotif. Ditempatini juga terdapat hewan-hewan dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri seperti berbagai serangga, burung, kambing, sapi, dan masih banyak lagi jenis hewan lainnya. Selain itu juga ada wahana bermain mulai dari usia 5 tahun sampai dewasa.

Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316

Buka setiap hari Senin – Minggu pukul 08.30 s/d 16.300.

Sejarah Eco Green Park

Sejarah Eco Green Park

Dulu, sebelum dibangun sebagai tempat wisata, lokasi Eco Green Park Malang merupkan lahan yang difungsikan sebagai perkebunan tanaman jati, jeruk, dan pembenihan ikan serta jamur dengan kepemilikan status pribadi. Dengan luas tanah sekitar 6 hektar yang berada di lereng gunung Panderman, lokasi ini dirasa sangat cocok untuk dikembangkan menjadi wisata baru di Kota Batu.

Pembangunan Eco Green Park Malang Jawa Timur ini cukup unik karena tidak mengubah ‘identitas’ aslinya sebagai perkebunan. Yang mana di dalamnya masih ada konsep alam yang disajikan pada para pengunjung.

Eco Green Park Malang dibagun sesuai dengan site plan khusus, yakni 10-15 persen konsepnya adalah berbentuk bangunan permanen dan semi permanen. Sementara 85 persennya tetap dibuat terbuka hijau untuk taman dengan mempertahankan pohon-pohon serta aliran sungai yang membelah lahan tersebut.

Pada tanggal 1 Juli 2012, Eco Green Park Malang resmi dibuka secara umum. Eco Green Park Malang merupakan tempat wisata pertama yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group yang bernuansa ekosistem dan lingkungan yang dikemas secara cantik dan bertaraf internasional dengan udara yang sejuk dan lukisan alam yang indah akan menambah kenyamanan anda bersama keluarga.

Visi dari pembangunan Eco Green Park Malang ini adalah untuk membuat obyek daerah tujuan wisata yang memiliki nuansa alam hijau dan segar, berwawasan baik yang berorientasi pada pendidikan lingkungan maupun pendidikan teknologi terbaru. Tersedianya pendidikan konservasi satwa serta tidak meninggalkan fungsi obyek wisata sebagai tempat rekreasi dan hiburan.

Wahana & Daya Tarik

eco greenpark
Hal pertama yang cukup menarik sebelum menjajaki setiap wahana di sini adalah sebuah patung Gajah yang dibuat dari rongsokan Televisi, Monitor, Printer, Telepon dan alat-alat kantor lainnya. Bentuk patung tersebut menjadi begitu unik.
 
Secara keseluruhan, jumlah wahana yang tersedia di tempat ini adalah 28 buah. Namun saya membaginya kedalam 11 kategori. Wahana-wahana tersebut antara lain:
 
1. Eco Science Center
 
Wahana ini bentuknya menyerupai Candi Prambanan. Di tempat ini Anda bisa belajar antara lain tentang asal usul bumi, bencana alam, kerusakan lingkungan, gunung berapi, dan tambang batu bara.

Anda juga bisa langsung praktik belajar beberapa simulator seperti simulator gempa bertenaga 3 hingga 8 SR, simulator badai, sampai simulator angin.

Baca Juga:  Coban Rais Malang

2. Jungle Adventure

Di wahana Jungle Adventure ini Anda bisa merasakan seperti berada di hutan. Eits, jangan salah, hutan di sana bukan asli namun hutan buatan.

Anda  akan berkeliling dengan kereta dan dibekali senjata. Karena dibekali senjata, Anda harus menembak pemburu yang bakal ditemui di tengah jalan. Hasil tembakan Anda bisa dilihat di papan skor di akhir perjalanan petualangan. Seru kan?

3. Owl House

Di wahana Owl Hose Anda akan menemui banyak jenis burung hantu dari berbagai daerah. Di sana Anda bisa memegang dan berfoto bareng burung hantu. Anda pun akan diberi sarung tangan khusus. Disediakan juga spot foto khusus, sudah pasti Instagramable kan?

4. World of Parrot

Wahana World of Parrot terdapat banyak burung beo dan kakaktua warna-warni. Burung tersebut dapat dipegang, diajak bicara, serta foto bersama.

Di sana juga ada Parrot Show. Anda bisa melihat aksi lucu mereka di pertunjukan itu.

5. Hanoman Bioskop 3 Dimensi

Di Hanoman Bioskop 3 Dimensi Anda akan diajak melihat aksi Hanoman memberantas kejahatan. Hanoman akan beraksi dalam film berdurasi 10 menit dan dikemas melalui layar datar 3 dimensi.

6. Rumah Terbalik

Wahana di Eco Green Park lainnya yakni Rumah Terbalik. Semua perabotan di sini terpasang terbalik.

Yang unik di sini yakni saat masuk ke sana, lampu akan padam lalu menyala dengan sendirinya, hiiiii, seram banget!

7. Plaza Music

Di tempat ini, benda bekas bisa menjadi alat musik. Wahana ini berupa kolam air besar yang kanan kirinya dilengkapi dengan senapan air. Air yang ditembakan ke arah perkakas atau baling-baling akan memantul ke benda di sekitarnya dan menghasilkan alunan musik yang berbeda-beda.

8. Water Outbound dan Water Track

Di Water Outbound tersedia permainan air seperti sepak bola air dan ember raksasa. Nah kalau wahana Water Track, pengunjung diharuskan berjalan di atas pijakan kayu yang berbentuk balok dan bundaran. Anda pun dapat tercebur kalau tidak hati-hati.

9. Metal Recycle

Di Metal Recycle, Anda dapat memilah sampah dan memprosesnya untuk daur ulang. Di sana akan tersedia forklift kecil dan sampah.

10. Animal Farm

Animal Farm merupakan tempat untuk melihat proses pembuatan susu. Anda bisa melihat mulai dari pemerahan, diproses ke laboratorium hingga diminum. Anda pun bisa ikut memerah sapi dan minum susu. Asyik kan!

11. Eco Journey

Di tempat ini Anda akan berkeliling dengan kereta dan melihat kerusakan alam akibat ulah manusia. Di sana kita akan diedukasi cara menjaga keseimbangan alam.

Fasilitas

Fasilitas Eco Green Park

Eco Green Park Malang juga memiliki kelengkapan fasilitas. Beberapa fasilitas yang ada di wisata ini cukup memadai dan membuat nyaman para pengunjung. Salah satunya adalah parkir mobil, motor, dan bus yang sangat luas. Jika kebetulan Anda datang dengan rombongan tidak perlu khawatir tidak ada parkir. Kecuali jika memang pada saat liburan, parkiran di Eco Green Park sangat penuh.

Baca Juga:  7 Hotel di Malang Kota yang Murah dan Bagus

Ada musholla bagi And yang muslim dan ingin mengerjakan sholat. Toilet di sini juga bersih. Ada fasilitas kereta pengantaran (shuttel) untuk pembeli tiket terusan. Ada klinik juga, kursi roda GRATIS yang akan digunakan bagi anggota keluarga yang sedang sakit. Jika Anda ingin meminjam kursi roda, salah satu dari anggota keluarga diharapkan meninggalkan KTP saja.

Ambulance pun di sediakan dari pihak Eco Green Park Malang jika memang diperlukan. Bagi Anda yang tidak kuat berjalan jauh, pihak Eco Green Park Malang juga sudah menyediakan EBIKE yang dapat Anda sewa selama 3 jam lamanya dengan biaya Rp 100.000

Meski sedang bersenang-senang, Anda pun tetap harus menuruti peraturan-peraturan yang diberlakukan di Eco Green Park Malang. Ada pun peraturan bagi pengunjung Eco Green Park Malang adalah:

  • Pengunjung tidak di perkenankan membawa bekal makanan (Nasi, Mie dll) ke dalam area wisata Eco Green Park.
  • Untuk Snack dan buah-buahan serta air mineral di perbolehkan dibawa masuk kedalam area Eco Green Park.
  • Gelang dengan segel rusak atau putus tidak berlaku untuk permainan.
  • Anak- anak dengan tinggi dibawah 85cm Gratis masuk, dan tinggi diatas 85cm dikenakan tiket penuh.
  • Tiket eco green park sudah termasuk asuransi.
  • Dilarang membawa senjata tajam, binatang peliharaan kedalam area Eco Green Park.
  • Tidak diperkenankan memasang gelang tanda masuk sendiri, gelang dipasangkan oleh petugas.
  • Loket masuk dibuka setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk Dapat Berubah Sewaktu-waktu.
  • Untuk rombongan setiap 30 free 1 tiket berlaku kelipatan.
  • Untuk TL free terhitung setiap 1 bus 1 TL, dengan menunjukan ID TL atau menggunakan surat pengantar dari Travel terkait.

Tiket Masuk

Tiket Masuk Eco Green Park

Untuk harga tiket masuknya, weekday akan dikenakan biaya Rp 49.000 per kepala. Sementara untuk weekend, tiket akan dibanderol seharga Rp 79.000. Untuk jam buka Eco Green Park Batu sendiri dimulai pukul 09.00 hingga tutup pada pukul 18.00.

Untuk Anda yang akan melakukan family gathering, Eco Green Park Malang telah menyediakan fasilitas tempat untuk Anda, di antaranya adalah:

  • Food Court dan Ramayana Stage, kapasitas kurang lebih 500 orang.
  • Amphy Theater, kapasitas kurang lebih 300 orang.
  • Ruang Seni Daur Ulang, kapasitas kurang lebih 100 orang.
  • Ganesha Room, kapasitas kurang lebih 50 orang.

Reservasinya, Anda bisa langsung menghubungi kontak dari Eco Green Park Malang di nomor (0341) 512525. Selain itu, Anda juga dapat menikmati paket edukasi yang diberikan oleh Eco Green Park Malang. Mulai daeri paket bagi siswa TK, SD, SMP, dan SMP dengan banyak materi. Dalam paket edukasi ada beberapa fasilitas, adapaun fasilitas tersebut sebagai berikut :
Fasilitas Paket Edukasi :

  • Tiket Masuk Eco Green Park.
  • Makan Siang (Lunch Box)
  • LKS
  • Guide
  • Produk yang bisa dibawa pulang meliputi: Susu/ Jamu/ Jamur (pilih salah 1)
  • Kegiatan meliputi: bercocok tanam padi/ berkebun seledri/ Feeding time ikan koi, bebek, burung (pilih salah 1)

Lokasi

Nah, untuk Anda yang masih bingung di mana sih Eco Green Park Malang ini berada? Alamatnya adalah di Jl. Oro-oro Ombo NO. 9A Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Peta Lokasi

Nah itu tadi informasi tentang Eco Green Park yang Sangat sayang sekali jika dilewatkan bila Anda berada di Batu. Eco green park adalah salah satu tujuan wisata edukatif di kota Batu yang layak dikunjungi. Di dalamnya banyak sekali pembelajaran yang bermanfaat untuk anak anak. Pembelajaran tentang hewan unggas, mengolah sampah dan ada juga plaza musik dan water outbond.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar