Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Dusun Bambu Lembang

/
295 Views

Hallo sahabat Pagguci !!! disini Gungun Gunawan, kali ini saya akan membahas tentang Dusun Bambu Lembang yang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bandung. Nah jika di Garut terkenal akan Kampung Sampireun yang memiliki keunikan dari segi bentuk bangunannya, Dusun Bambu Lembang ini jika diperhatikan memiliki kemiripan dengan Kampung Sampireun, hanya saja konsep dan fasilitas yang berbeda yang ditawarkan keduanya.

Jadi, salah satu tempat liburan sekaligus wisata yang bisa Anda jadikan pilihan di Bandung adalah Dusun Bambu Lembang. Kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan Dusun Bambu Family Leisure Park. Keunggulannya, wisata yang satu ini merupakan kawasan wisata yang sangat cocok dijadikan pilihan untuk bulan madu dan wisata keluarga. Mengapa begitu? Simak beberapa hal selengkapnya tentang Dusun Bambu di bawah ini.

Dusun Bambu Lembang merupakan sebuah tempat wisata dan rekreasi keluargayang berada wilayah yang ada di Bandung Utara. Memiliki udara yang segar, sejuk dan juga bersih, tentunya tempat yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur sekaligus refresh dari kesibukan sehari-hari.

Wisata ini sendiri menjadi sebuah eco wisata di Jawa Barat dengan area yang luas dan tersusun dengan baik. Apa saja yang ada di sana? Terdapat area kuliner, berbagai permainan, tempat menginap yang berupa glamping dan villa, restoran unik, dan taman terbuka yang luas.

Selain itu, Dusun Bambu Lembang juga mengusung konsep yang menarik. Dianggap sebagai tempat yang one stop travelling, Anda dapat menikmati wisata sebanyak-banyaknya di Dusun Bambu dengan waktu yang lama bersama anggota keluarga atau teman-teman terdekat. 

Wisata yang diketahui masyarakat sejak awal tahun 2014 ini sudah mendapatkan banyak pengunjung. Tak lain karena konsep yang segar dan baru serta suasananya yang tersusun dengan baik. Semua spot dibangun dengan konsepnya masing-masing yang sangat menarik perhatian dan menyejukkan mata karena suasananya yang khas. Adapula berbagai spot foto menarik yang bisa Anda abadikan bersama keluarga.

Dusun Bambu atau rumah rumah kecil dibuat mengelilingi kolam besar yang menyerupai danau kecil dengan air yang cukup jernih. Untuk bisa sampai ke Dudun Bambu pengunjung harus menggunakan perahu atua rakit. Hmmm mirip sekali dengan Kampung Sampireun Garut ya? Sepertinya menarik nih jika berwisata ke Dusun Bambu ini.

Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551

Dusun Bambu Lembang Buka Setiap Hari Senin-Minggu:

  • Buka: Pukul 08.00 WIB
  • Tutup : Pukul 21.00 WIB
  • Mulai Dari Rp. 20.000 s/d Rp. 30.000/Orang
  • (022) 82782020

Bagi Anda yang memilih Dusun Bambu Lembang sebagai destinasi wisata. Tentunya ada begitu banyak aktivitas yang disuguhkan. Asyiknya Anda bisa bercengkerama langsung dengan alam ataupun lingkungan sekitar. DI bawah ini beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan!

Aktifitas & Fasilitas

Ada banyak fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Dusun Bambu Lembang. Diantara fasilitas yang bisa Anda dapat yakni tempat parkir, gazebo-gazebo untuk istirahat, atau mencoba menggunakan shuttle yang disediakan secara gratis dengan hiasan bunga-bunga. Anda juga bisa menginap di villa yang tersedia di sana.

Di sana Anda tak hanya sekedar menikmati suasana asri bersama keluarga tetapi juga bisa explore berbagai tempat-tempat menarik di setiap spotnya. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan: 

Baca Juga:  Taman Nasional Baluran | Info Tiket Masuk & Harga Penginapan Lengkap
Menikmati Hidangan Lezat di Restoran Purbasari

Sebagai solusi tepat untuk mengisi perut maka Anda bisa memilih tempat makan seperti restoran purbasari. Berlatar pemandangan gunung Burangrang yang menjulang, Rstoran Purbasari menyediakan 13 saung lesehan yang tersusun rapi mengelilingi danau di Dusun Bambu. Purbasari juga mampu mengadakan acara seperti small meeting, surprise party ataupun arisan.

Konsep restoran ini berupa saung-saung yang unik mengelilingi danau kecil yang indah ini mengingatkan saya pada salah satu tempat wisata yang memiliki view yang sama yaitu Kamojang Green Hotel & Resort. Dilihat dari ketinggian benar-benar sama persis.

Hayam Koneng Purbasari, Salah satu paket menu makan di Dusun Bambu Lembang
Cafe Burangrang

Jika Anda ingin menyantap hidangan dengan nuansa yang sedikit berbeda. Anda bisa memilih café burangrang sebagai pilihan. Café yang satu ini memiliki kosep yang unik berbeda dari yang lainnya. Tempatnya berada di sisi danau kecil, Anda bisa menikmati suasana danau sembari menikmati suasana sekitar dari ketinggian.

Cafe ni bisa digunakan sebagai titik pertemuan bagi keluarga, teman, dan kolega tempat pertemuan, makan siang, dan pelatihan bersama diadakan bersama. Dengan menyuguhkan konsep yang Open Air dengan Pemandangan ke arah taman bunga tentunya akan membuat acara meeting anda tidak membosankan.

Sop Gurame Burangrang salah satu menu unggulan di Cafe Burangrang Dusun Bambu

Interior bergaya yang dipasangkan dengan suasana restoran yang nyaman. Menyediakan makanan lezat khas Indonesia dalam konsep baru, berikut beberapa daftar menu makanan dan minuman yang ditawarkan di Burangrang Cafe.

  • Sop Gurame Burangrang IDR 75,000
  • Nasi Ayam Betutu Bali IDR 80,000
  • Sate Ayam IDR 65,000
  • Nasi Bakar Komplit IDR 68,000
  • Sop Buntut Kuah IDR 120,00
  • Avocado Burangrang IDR 38,000
  • Curug Layung IDR 38,000
  • Vanilla Rhum Raisin IDR 38,000
Pasar khatulistiwa
Salah satu spot di Pasar Khatulistiwa Dusun Bambu menjual berbagai macam oleh-oleh makan dan kerjainan tanganan

Jika Anda ingin mendapatkan tempat untuk mendapatkan sayuran segar dan buah-buahan segar maka pasar khatulistiwa adalah tempatnya. Tak hanya itu, tempat ini menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman kuliner khas Sunda yang bisa Anda pilih. Anda pun bisa menikmatinya di berbagai tempat yang telah tersedia dengan spot-spot yang rapi. Selain itu, tersedia pula hasil pertanian, juga cinderamata hasil kerajinan asli dari warga Gunung Burangrang.

Pasar Khatulistiwa terdiri dari 2 lantai dengan kapasitas pengunjung ssekitar 500 pax. Disini, anda dan keluarga dapat menikmati kuliner dengan tempat yang nyaman. Selain itu, bagi anda yang berasal dari luar kota, Anda bisa berbelanja buah tangan khas Dusun Bambu di Pasar Khatulistiwa.

Di Pasar Khatulistiwa ini Anda akan menemukan banyak pilihan pasar ini menyediakan lebih dari 50 makanan dan minuman, handycraft, oleh oleh khas dan retail market. Ada begitu banyak kuliner khas Bandung yang terkenal yang ditawarkan seperti Batagor, Es Lilin, Seblak, Colenak, Soto Bandung, Nasi Liwet, Sate Gendong dan masih banyak lagi. Untuk harga berada di kisaran IDR. 8.000 – IDR. 60.000

Pasar khatulistiwa juga menjual berbagai macam souvenir hasil kerajinan tangan khas Dusun Bambu, diantaranya baju berbahan bambu, alat musik yang berasal, dari bamboo hingga pernak pernik lainnya. Untuk pembayarannya juga sudah cukup canggih yaitu dengan menggunakan cashless sebagai system pembayaran, yakni berupa kartu yang di top up sejumlah nominal uang. Keren gak tuh?

Lutung Kasarung area
Spot selfie yang unik, di dalam sebuah tempat berbentuk sarang lutung yang pastinya instagramable.

Jika ingin menemukan lokasi yang unik, maka jangan lewatkan spot yang satu ini. Lutung Kasarung Area merupakan spot yang paling favorit di Dusun Bambu Lembang, Bandung. Di tempat ini, Anda bisa menikmati suasana hutan dengan beberapa tempat makan yang berbentuk sarang burung di ketinggian tertentu. Terdapat pula, platform untuk mengitari area dari atas pohon.

Aktifitas Cocok Tanam di Paddy Field
Menikmati keindahan Taman Arimbi
Selain Gunung Burangrang yang menjulang di Utara. Hamparan bunga dan aneka kembang di Taman Arimbi menarik juga loh untuk dijadikan latar ber-swa foto bersama si dia dan keluarga.

Taman Arimbi bisa jadi spot yang Anda kunjungi selanjutnya. Taman ini tertata dengan rapi dan tentunya indah. Anda bisa menikmati aliran sungai di tengahnya bersama dengan keluarga untuk sedikit rileks dari suasana perkotaan. Tak hanya itu, Anda juga bisa memutari taman untuk mengajak buah hati berjalan-jalan di sekitar taman sembari berfoto ria.

Keliling Bersepeda Menikmati Suasana Malam 

Bagi Anda yang bosan berjalan kaki di Dusun Bambu Lembang, maka bersepeda juga bisa dilakukan di Dusun Bambu Lembang ini. Disana tersedia tempat penyewaan sepeda yang bisa Anda gunakan untuk menyusuri pinggiran gunung Burangrang. Kemudian terdapat pula area kebun teh hijay yang sangat sayang untuk dilewatkan karena pemandangannya yang menyegarkan mata.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp 20.000/orang di hari biasa, Rp. 25.000 di akhir pekan, dengan catatan harga juga bisa berubah sewaktu-waktu. Adapun biaya tambahan lain yakni biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dipakai.

Tarif Parkir Kendaraan:

  • Mobil Rp 15.000
  • Motor Rp 10.000
  • Bus Rp 25.000
  • Mini bus Rp 25.000

Keterangan:

  • Harga di Update tanggal 14 September 2019.
  • Harga Tiket Masuk di atas berlaku hanya untuk wisatawan Domestik
  • Update Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang /2019/2020 dan seterusnya akan kami update terus.

Resort Dan Penginapan

Untuk Anda dari luar Bandung yang sedang merencanakan liburan ke Dusun Bambu kemudian Sedang mencari penginapan di sekitar Dusun Bambu Lembang?  Tak perlu khawatir karena pihak pengelola juga telah menyediakan penginapan berupara Resort. Selain itu untuk anda yang menyukai aktivitas outdor , Anda bisa mencoba menikmati sensasi malam beratabur bintang dengan camping di area camping Ground.

Resort Kampung Layung

Kampung Layung yang menurut saya berkonsep vila ini cocok untuk liburan keluarga, pertemuan perusahaan, serta bulan madu. Ada tiga jenis runagan kamar yang ditawarkan yaitu Village Residence, Deluxe Village Residence, dan Family Village Residence.

 

Untuk fasilitas di dalam kamarnya sih cukup lengkap, beberapa kamar memiliki ruang makan dan teras, kamar mandi pribadi plus shower, televisi layar datar, dan sandal. Beberapa unit juga menyediakan dapur yang telah dilengkapi dengan microwave. Dengan tarif kamar mulai Rp1.800.000 per malam

Camping Ground

Ingin merasakan dinginnya tidur di alam terbuka ala-ala pendakigunung? Di Dusun Bambu juga bisa! Anda bisa menikmati suasana malam dengan berkemah di camping ground. Camping Ground di Dusun Bambu berbeda dan unik loh.

Bedanya tempat kempinya mengadopsi konsep camping premium, sama seperti di The Forest Cisarua, yang dibedakan dari standar kemping dengan menambahkan fasilitas moderen yang memungkinkan tamu mendapatkan perlakuan istimewa ketika meluangkan malam di tempat terbuka.

Lokasi

Dusun Bambu Lembang bisa Anda temui di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Tak perlu khawatir karena Anda dapat dengan mudah mencapainya dari Lembang ataupun Bandung. 

Peta Lokasi

Menikmati wisata bersama keluarga memang tak perlu mahal. Dengan mengunjungi Dusun Bambu Lembang yang terkenal sebagai istilah destinasi bulan madu di Bandung ini, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Selain murah, objek wisata yang ada juga berdekatan lokasinya, sehingga Anda bisa sekaligus mengunjungi beberapa tempat yang ada.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat