Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Desa Penglipuran, Salah Satu Desa Terbersih di Dunia!

/
859 Views
0
()
Gak perlu jauh-jauh mengunjungi desa Giethoorn di Belanda atau Mawlynnong di India buat ngerasaain suasana desa yang bersih dan asri. Indonesia juga punya desa dengan predikat terbersih di dunia lho. Desa Penglipuran di Provinsi Bali dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia.
Kesuksesan Desa Penglipuran gak lepas dari peran warganya menjaga kebersihan, keasrian, dan tetap menjunjung nilai-nilai tradisi. Kerja keras warga Desa Penglipuran berhasil menobatkan desa kesayangan mereka menjadi desa wisata terbersih di dunia.
Para wisatawan yang berkunjung sangat suka berkunjung di desa ini karena keramahan warganya dan tata letak desa yang rapi dan asri.
Meski sudah menjadi desa wisata, para wisatawan yang berkunjung dituntut buat ikut serta menjaga tradisi desa. Wisatawan dilarang menggunakan kendaraan bermotor, membuang sampah sembarang, serta merokok.
Kebersihan mutlak dijaga oleh siapapun selama berada di desa Penglipuran. FYI, setiap 30 meter kamu bisa menemukan tempat sampah lho. Jadi gak ada alasan buang sampah sembarangan karena tempat sampah jauh ya. Selain itu, ibu-ibu di desa ini juga sudah terlatih memilah sampah organik dan anorganik yang selanjutnya didaur ulang oleh mereka.
Nama Desa Penglipuran sendiri berarti tempat suci untuk mengenang leluhur. Ada sebuah pura atau tempat ibadah yang terletak di ujung desa. Sekitar 200 rumah tradisional tertata rapi dan terstruktur yang membuat desa kecil ini kian menarik. Di depan rumah setiap warga juga terdapat papan nama yang bertuliskan anggota keluarga yang menempati rumah tersebut. Kerennya lagi, kamu bebas masuk berkunjung ke setiap rumah yang ada di desa Penglipuran dan kamu akan disambut dengan ramah oleh penghuninya.
Tertarik buat berkunjung? Semoga desa Penglipuran bisa menginspirasi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Siapa sih yang gak ingin hidup di lingkungan asri dan bersih?

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Baca Juga:  Splash Waterpark Bali
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat