Curug Kancil Cibatu Garut-Info Lokasi Sejarah Mitos & Legenda Lengkap

0
()

Air terjun atau curug adalah salah satu destinasi wisata alam yang bisa kita jadikan tempat untuk liburan. Garut memiliki banyak curug yang tersebar di seluruh penjuru daerah disekitar Garut, salah satunya adalah Curug Kancil di Cibatu.

Berbeda dengan sebelumnya, Info Paguci kali ini akan membahas Curug Kancil, curug keramat yang berada di kawasan Garut utara. Buka hanya Garut selatan yang banyak memiliki objek wisata curug, Garut utara juga memiliki beberapa objek wisata curug yang tidak kalah indah, Buktinya, Curug Kancil merupakan salah satu curug yang sering dikunjungi wisatawan, perbedaannya hanya kalah populer saja jika dibandingkan dengan Curug Orok. Jadi jika Anda ingin mengunjungi curug yang ada di garut, Anda bisa mencoba mengunjungi Curug Kancil ini, Berikut info lengkapnya.

Curug Kancil merupakan air terjun yang memiliki tinggi ini sekitar 20 meter. Di musim hujan, debit air curug ini cukup besar dan airnya jernih, namun di dasar curug yang menyerupai kolam kumpulan airnya terlihat berwarna coklat. Begitu pula pada musim kemarau air Curug Kancil ini tidak pernah surut, hanya debit airnya yang berkurang. Sumber air curug ini berasal dari  sebuah lembah yang oleh penduduk setempat sering di sebut Gunung Kancil. Sumber air yang melimpah dari aliran sungai curug ini juga dimanfaatkan  warga lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mengairi sawah dan menyiram ladang.

Sejarah, Mitos Dan Legenda

Setiap curug di Garut memiliki sejarah, mitos serta legenda yang unik dan menarik. Begitu pula dengan Curug Kancil. Nama atau penyebutan curug ini di ambil dari sumber air curug ini yang berasal dari Gunung Kancil. Oleh karena itu warga setempat menyebutnya dengan sebutan Curug Kancil. Selain itu Curug Kancil yang di anggap keramat oleh warga setempat juga memiliki mitos tentang baju merah. Warga sekitar percaya bahwa pada zaman dahulu kala di Curug Kancil ini terdapat sebuah kerajaan bangsa jin yang dikuasai oleh Kanjeng Ratu Sri dan dijaga oleh ular yang besar. Konon, Sang Ratu bangsa jin tersebut tidak menyukai warna merah, sehingga jika ada orang yang mengenakan pakaian berwarna merah, maka orang yang memakai baju merah tersebut akan dia bawa ke kerajaan bangsa jin untuk dijadikan budak.

Baca Juga:  Kolam Renang Mila Kencana Bogor
Menurut cerita yang berdar, legenda Curug Kancil bermula karena dahulu curug ini sering dijadikan tempat pesugihan atau tempat untuk mencari kekayaan dengan cara yang tidak benar. Suatu hari, ada seseorang yang mengenakan baju merah datang dengan maksud mencari kekayaan, lalu meminta bantuan kepada Sang Ratu sambil membawa persembahan. Sang Ratu sangat senang diberi persembahan. Namun sayang, orang itu tidak pernah datang kembali, sehingga membuat Sang Ratu marah besar. Jika orang tersebut suatu hari nanti datang ke Curug Kancil maka Sang Ratu akan membunuhnya. Akibat dari mitos tersebut, hingga saat ini masih sering ada pengunjung yang membawa sesajen ke sini dan berdoa ini itu. Bahkan sempat masuk liputan stasiun TV nasional ke Curug Kancil ini di acara dengan tema horor yatiu acara Dua dunia dan Dunia lain Trans7.
 
Setelah mengetahui mitos Curug Kancil, Apakah Anda punya nyali untuk tetap datang mengunjungi tcurug ini dengan mengenakan pakaian merah? Bagaimanapun semua kembali kepada kepercayaan masing-masing. Apakah anda mempercayainya? Atau tidak?
Fasilitas

Belum terdapat banyak fasilitas di Curug Kancil ini. Hanya sebuah warung kecil dan Kamar Ganti Pakaian sederhana yang perlu adanya perbaikan. Meski belum dikelola secara profesional, pengelolaan masih swadaya oleh warga sekitar. Di sekitar kawasan Curug Kancil, sudah ada gazebo  saung-saung bambu dan tempat duduk. Ada juga aliran air untuk bilas, walaupun berada di ruang terbuka, belum berbentuk kamar bilas. Untuk berganti pakaian, sang Kuncen, Abah Dayat, menyediakan satu saung bambu sederhana yang ditutupi dengan kain. Di area curug juga terdapat sebuah warung yang dikelola oleh istri si abah tadi.

Tiket Masuk

Belum ada tarif masuk yang pasti di Curug Kancil ini. Tiket masuk seiklasnya bisa Anda bayarkan sukarela kepada orang yang menjaga curug ini. bahakn jika di hari biasa bisa gratis

Akses

Lokasi Curug kancil berada di Garut utara, yaitu di kecamatan Cibatu. Akses jalan ke curug ini lumayan cukup baik karena sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalur menuju Curug Kancil merupakan jalan desa berupa pegunungan, berkelok dan menanjak, Akses jalan belum terlalu baik karena terdapat beberapa jalan berlubang di berbagai badan jalan. Disarankan untuk menggunakan kendaraan yang masih prima jika Anda ingin ke Curug Kancil ini. menuju Curug

Baca Juga:  Keindahan Pantai Indrayanti di Yogyakarta

Alamat: Padasuka, Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44185

Peta Lokasi

Anda bisa menggunkan google map sebagai panduan perjalanan untuk menju Curug Kancil. Dari Kampung Kancil, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit, menuruni undakan-undakan tanah dan batu menuju Curug Kancil.

Demikianlah informasi tentang Curug Kancil Cibatu ini. Semoga dapat membantu Anda yang ingin mengunjungi Air Terjun ini. Jangan lupa untuk share penglaman menarik Anda  setelah mengunjungi curug ini.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *