Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Curug Gandasari Garut | Info Tiket Masuk Terbaru & Fasilitas

/
194 Views
img

Hari libur hanya diam di rumah tanpa melakukan kegiatan apapun tentu sangat membosankan. Ingin pergi liburan tapi bingung mau liburan kemana. Pergi hiking dan merasakan suasana alam bebas bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi liburan. Untuk itu Anda dapat pergi hiking ke Curug Gandasari Sukawening, sebuah curug yang berada di kawasan Garut Utara ini adalah curug yang masih sangat alami.

Selain Curug Kancil di Cibatu, kawasan Garut utara tepatnya di Sukawening juga terdapat sebuah curug yaitu Curug Gandasari atau Curug Nyimas Gandasari yang  di jadikan sebagai objek wisata alam. Daya tarik curug ini adalah air terjun, pemandangan kawasan pegunungan dan hutan.

Curug Gandasari memiliki ketinggian sekitar 10-12 meter dengan debit air cukup besar dengan air jernih. Vegetasi tanaman di area curug berupa tanaman semak belukar meliputi pohon kaliandra, talas liar, pacar tere, lumut, pohon aren dan tanaman liar lainnya. Kawasan disekitar curug juga masih sangat alami, dan tidak ada sampah.

Sejarah Penamaan Curug

Belum ada informasi lengkap yang dapat team Info Paguci dapatkan, belum banyak yang mengulas mengenai curug ini. Belum diketahui sejarah dan asal usul dari penyebutan nama Curug Gandasari ini.

Fasilitas

Dari beberapa fasilitas bangunan yang berada di kawasan curug, sepertinya memang curug ini memang belum populer dikalangan hikers, Beberapa bangunan tersebut kondisinya sedikit rusak dan nampak tidak terawat. Meskipun demikian curug ini bisa Anda kunjungi. Jadi jika Anda mengunjungi Curug Kancil di Cibatu, Anda juga bisa sekalian mampir ke Curug Nyimas Gandasari ini.

Tiket Masuk

Curug Gandasari ini belum dikelola secara resmi jadi untuk Tiket masuk ke Curug Gandasar free alias masih gratis. 

Lokasi Curug Gandasari
Curug Gandasari berada di kawasan seluas 2 Hektar. Jalan menuju area curug sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Akses jalan ke Curug Gandasari ini memiliki lebar jalan seluas 2-4 meter dengan kualitas jalan kurang bagus.
 
Alamat: Desa/Kecamatan: Mekarluyu  Kecamatan : Sukawening  Kabupaten: Garut Jawa Barat Jarak dari ibu Garut Kota: 14 Km 
Peta Lokasi
Cara Ke Curug Gandasari
Rute perjalanan kami pandu dimulai dari Alun-alun Garut Kota menuju ke Kecamatan Sukawening melewati Bunderan Suci, Karangpawitan, Wanaraja. Setelah di pertigaan, Kita jalan saja lurus (tidak belok ke kanan). Setelah berada di Kecamatan Sukawening, atau tepatnya di pasar Sukawening, Kita belok ke kanan. Disitu terus saja jalan lurus hingga menemukan sebuah plang bertuliskan Desa Mekarluyu, lalu belok ke kanan kemudian jalan lurus dan sesekali bertanya kepada warga sekitar jalan menuju ke Lembah Cibeet. Lembah Cibeet merupakan kawasan atau arae camping ground.
 
Jalan yang akan Anda lewati awalnya cukup bagus kemudian semakin keatas jalannya mulai jelek. Ada beberapa titik dimana jalannya berupa bebatuan dan ada juga jalan tanah yang sangat licin dan juga sempit serta menanjak. Anda akan menemukan sebuah petunjuk arah bertuliskan arah jalan ke Curug Gandasari, dan disitu Anda bisa memarkir kendaraan motor Anda karena jalan menuju curug sudah sangat sulit untuk dilalui motor biasa. Dan jangan lupa untuk membawa kunci ganda untukmengunci motor Anda.
 
Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati semak belukar dengan jalur berupa tanah merah yang cukup licin. Dari Kampung Mekarluyu menju tempat registrasi jaraknya sekitar 2 Km. Di area registrasi ini terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, wc, warung dan gazebo.

Itulah informasi seputar Curug Gandasari yang dapat Anda jadikan tempat untuk berwisata dan mengisi hari libur Anda yang membosankan. Jika punya penglaman menarik pada saat mengunjungi curug ini silahkan untuk berbagi penglaman di kolom komentar ya. Salam Traveller.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar