Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Curug Cihanyawar Cilawu

/
1295 Views
0
()

Info Paguci – Curug Cihanyawar merupakan air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Cikuray atau tepatnya di Desa Sukamumi Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Pemandangan kebun teh yang menghijau menyambut disepanjang jalan menuju curug menjadi sambutan indah.

Sejauh mata memandang hamparan teh hijau ditambah dengan udara pegunungan yang cukup sejuk menyertai di setiap langkah kaki. Apabila kita datang masih pagi akan nampak pemetik teh tersebar di antara rimbunnya pepohonan teh. Jalan di dalam kebun teh hanya berupa tanah keras dengan batuan kerikil dan semakin ke dalam akan semakin sempit dan bertanah.

Curug Cihanyawar ini berada pada ketinggian 1.000 mdpl. Yang menjadi daya tarik utama dari curug yang memiliki ketinggian 16 meter ini adalah airnya yang bersih serta udara disekitarnya yang sejuk. Selain itu Curug Cihanyawar jalurnya tidak terlaulu sulit untuk ditempuh membuat air terjun yang satu ini selau ramai di kunjungi para wiisatawan pada hari-hari libur terutama hari Sabtu dan Minggu. Banyak cara untuk meuju air terjun yang satu ini, salah satu caaranya adalah kita bisa berjalan kaki sambil melihat perkebunan teh yang mengahmpar hijau, perkebunan teh milik PTP Nusantara VIII.

Sumber air Curug Cihanyawar yang  berasal dan aliran air Gunung Cipadaruun yang berasal dari mata air Gunung Cikuray. Curug in berada di dekat kawasan perbatasan antara Garut dan Tasik,. Curug Cihanyawar berada di antara kawasan perkebunan dengan areal pertanian milik masyarakat dibawah pengelolaan PTP Nusantara VIII dan warga Desa Sukamurni.

Walaupun lokasinya berada di perbatasan antara tanah milik PTP Nusantara VIII dan tanah milik masyarakat Desa Sukamurni, tetapi secara legal formal kepemilikannya berada pada tangan PTP Nusantara VIII Perkebunan Dayeuh Manggung, dan termasuk ke dalam blok perkebunan Cipang dengan luas keseluruhan 12,57 ha. Kondisi fisik secara umum berbukit-bukit dengan kemiringan lahan yang curam. lahan sekitar curug ini merupakan daerah pertanian dan perkebunan palawija masyarakat seternpat

Baca Juga:  Floating Market Lembang-Info Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Lengkap
  • Cihanyawar, Sukamurni, Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44167

Curug Cihanyawar Cilawu Garut Buka Setiap Hari Senin-Minggu:

  • Buka: Pukul 07.00
  • Tutup : Pukul 18.00
  • Belum Tersedia
  • Rp. 10.000/Orang
  • Shelter
  • Musholla
  • Masjid
  • Toilet
  • Penginapan disekitar area
  • Rumah Makan disekitar area
Daya Tarik

Terdapat beberapa jenis pohon seperti pinus, lisamara, dan pohon kawung, yang tumbuh disekitar kawasan curug. Slain itu beberapa hewan seperti babi hutan, ular, musang, tupai dan berbagai jenis burung juga hidup dikawasan Curug Cihanyawar ini. Di Curug Cihanyawar belum banyak dikernbangkan fasilitas pendukung kegiatan wisata, adapun fasilitas pendukung yang tersedia berupa 5 buah shelter yang terletak ? 50 m dari air terjun dan tempat ibadah berupa musholla dan masjid yang terletak di pemukiman penduduk.

Di sekitar objek wisata ini belum tersedia fasilitas akomodasi dan makan minum, namun pengunjung dapat tinggal di Hotel Ngamplang yang terletak di Jalan Raya Tasikmalaya dengan jarak ? 2,5 km dari pusat Kecamatan Cilawu. Fasilitas rumah makan terdekat dari lokasi objek ini adalah Rumah Makan Megawati yang terletak di Jalan Raya Cigarangsang No. 42, Kecamatan Cilawu.

Tiket Masuk

Saat ini Curug Cihanyawar belum dikelola oleh pemerintah. Pengelolaan dilakukan oleh warga sekitar curug. Berbeda dengan beberpa tahun ke belakang untuk mengunjungi curug ini free/gratis tidak bayar sama sekali. Namun pihak pengelola tersebut saat ini memberlakukan tiket masuk. Jadi setiap wisatawan dan pengujung lainnya wajib membayar atau membeli tiket masuk.

Tiket Curug Cihanyawar:

  • Rp. 10.000/Orang Weekday
  • Rp. 15.000/Orang Weekend

Keternagan:

  • Harga di Update tanggal 16 Januari 2019.
  • Harga Tiket Masuk di atas berlaku hanya untuk wisatawan Domestik
  • Update Harga Tiket Masuk Curug Cihanyawar /2019/2020 dan seterusnya akan kami update terus.
Lokasi
Peta Lokasi

Jika menggunakan kendaraan pribadi dimulai dari Alun-alun Tarogong dengan tujuan awal perempatan maktal melewati Bunderan Simpang Lima Garut. Ada dua jalan yang bisa diambil yaitu jalan Cimanuk dan Jalan Pembangunan. Kedua jalan tersebut sama-sama menuju Perempatan Maktal.

Jika dari arah Pembangunan tinggal lurus melewati Jalan Papandayan sampai mentok belok kanan ke arah Jalan Ciledug. Jika dari arah Jalan Cimanuk beol kiri kemudian sama melewati Jalan Papandayan hingga mentok kemudian belok kanan ke arah Jalan Ciledug. Lurus terus melewati Jalan Cileduag hingga perempatan Sukadana. Dari Perempatan Sukdana lurus ke arah Jalan Raya Cilawu hingga sampai di Kampung Cigangsa.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat