Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Curug Ciburial

/
542 Views
4.2
(5)

Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810

08.00 – 17.30

Belum ada/Tidak Tersedia

Rp. 20.000/Orang

Belum ada/Tidak Tersedia

Wisata alam memang selalu menjadi pilihan tempat liburan untuk menghilangkan kejenuhan. Suara angin, gemercik air, udara sejuk dan hijaunya pepohonan membuat hati tenang. Berbicara tentang wisata alam, di Bogor ada salah satu wisata alam yang bisa kamu kunjungi yaitu Curug Ciburial yang ada di Babakan Madang.

Halo para traveller! kembali lagi dengan saya Gungun Gunawan. Kali ini saya kan membahas tentang Curug Ciburial, mulai dari daya tarik, sejarah, lokasi serta harga tiket masuk. Dan yang pasti postingan kali ini untuk melengkapi info semua wisata yang ada di Bogor. Ok langsung saja!

Bukit alam yang indah menyertai pemandangan yang tersaji saat mengunjungi curug ini. Apalagi datang disaat musim kemarau, air yang mengalir sangat jernih dan dingin. Kedalaman air pun tidak membahayakan bagi pengunjung untuk berenang dan berendam di dalamnya.

Ada spot2 photo yang disediakan untuk kita dapat berfoto. Kita dapat mengunjungi 3 curug dalam 1 lokasi tersebut. Kamu bisa bermain air sepusanya. Mandi dan berendam di air alami asli pegunungan yang jernih dan segar. 

Sejarah

Pada awalnya curug ini ditemukan oleh seorang warga desa yang sedang mencari kayu bakar di hutan. Warga desa tersebuut mendengar suara gemercik air yang sangat deras dari balik semak semak yang tinggi. Setelah ditelusuri oleh warga desa tersebut akhirnya ditemukanlah sebuah curug yang memiliki air cukup deras. Pada awalnya curug tersebut belum diberi nama.

Setelah itu ada seorang warga yang mengusulkan nama air terjun tersebut dengan sebutan “Ciburial” . Arti Ciburial dalam bahasa indonesia adalah air yang keluar dari bawah.

Baca Juga:  Kolam Renang Taman Raya

Maksud dari dari penamaan Ciburial adalah air yang mengalir ke bawah dan membentuk sebuah anak curug yaitu curug leuwi hejo. Curug leuwi hejo sendiri letaknya tidak begitu jauh dari ciburial karena memiliki aliran air yang sama.

Fasilitas

Tersedia tempat parkir kendaraan bermotor. Di sepanjang perjalanan sudah banyak tersedia warung-warung penjual makanan sehingga kamu tak perlu khawatir kelaparan selama perjalanan. Ada tempat penitipan helam dengan tarif Rp. 3.000 dan sudah tersedia toilet dan kamar ganti. Selaim itu tersedia spot foto yang sudah disediakan dengan tarif Rp. 3.000.

Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Ciburial
Senin – Minggu Rp. 20.000/Orang
Parkir Rp. 5.000

Lokasi

Curug Ciburial masih berada di kawasan Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang atau sejalan dengan Curug Leuwi Hejo.

Dikarenakan medan menuju ke Curug Ciburial Bogor cukup sulit yakni berupa bebatuan maka sangat cocok untuk menggunakan kendaraan motor trail. Rute yang digunakan yakni sama dengan rute menuju Leuwi Hejo yakni via Sentul Bogor,

Akses Dari Sirkuit Sentul kurang lebih 1 jam menuju curug, Tinggal buka google maps saja. Dengan keasrian dan kesegaran air curug yg masih terjaga kejernihannya , Untuk mencapai lokasi dari tempat parkir kendaraan kita harus berjalan kaki kurang lebih 1-2 jam mendaki Gunung Kuta .

Peta Lokasi

Disela-sela perjalanan kita juga banyak menjumpai pendaki gunung, seperti curug cibereum yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan kondisi Alam yang masih asri rasa lelah akan terbayarkan.

Dari persimpangan, jalur menuju Curug Ciburial menurun curam mengikuti aliran sungai. Letak Curug Ciburial cukup tersembunyi berada dibawah sebuah tebing pendek.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 4.2 / 5. Vote count: 5

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar