• Menu
  • Menu

Curug Cibulao Bogor

Keasrian Kota Bogor memang tidak bisa diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya curug atau air terjun yang jumlahnya lebih dari 300an curug.

Salah satu dari curug-curug di Kota Bogor ini yakni Curug Cibulao. Curug yang satu ini memang terkenal akan udara bersih yang bebas polusi, serta masih asri. Jadi cocok dijadikan spot untuk menenangkan pikiran.

Gak cuma itu saja, tempat ini juga menyuguhkan panorama alam yang memukau. Aksesnya mudah dijangkau, sehingga cocok buat kamu yang mau liburan tapi waktu liburnya singkat.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana menarik yang tersedia di destinasi wisata ini. Liburan singkat ini pun akan terasa berkesan.

Seperti wisata pada umumnya, kamu akan dikenakan tarif untuk membayar tiket saat memasuki kawasan Curug Cibulao ini. Harga tiket masuk tersebut sama untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Namun tiket tersebut belum termasuk fasilitas untuk menikmati wahana di wisata ini seperti spot foto, pelampung, parkir, dan ruang ganti.

Harga Tiket Masuk Curug Cibulao
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp12.000
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp50.000
Tiket Camping Domestik Rp22.000
Tiket Camping Mancanegara Rp60.000
Parkir Kendaraan
Parkir Motor Rp5.000
Parkir Mobil Rp10.000

Jam Operasional

Wisata Curug Cibulao juga bisa kamu kunjungi setiap hari, dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Waktu terbaik saat berkunjung ke destinasi wisata satu ini yaitu pagi hari. Sebab pengunjungnya relatif sedikit, sehingga kamu bisa leluasa menikmati ketenangan dan kesejukan alam curug ini.

Jam Buka
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Wahana yang Ada di Curug Cibulao Bogor

Destinasi wisata Curug Cibulao memiliki aneka wahana yang bisa mengisi liburanmu. Wahana tersebut cukup beragam, mulai dari yang kekinian sampai menantang adrenalin. Liburanmu kali ini pun tidak akan membosankan.

Spot Selfie

Pesona kolam biru nan segar diiringi pepohonan hijau yang tumbuh subur di sekitar Curug Cibulao sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Apalagi spot foto tersebut nampak cantik, hits, dan kekinian jika dipotret. Selain itu, di sekitar loket masuk terdapat spot foto yang instagramable yang wajib kamu coba. Apalagi jika kamu aktif di sosial media, tempat tersebut sangat cocok buat kamu.

Baca Juga:  Hotel Santika Garut

Diantara spot foto selifie yang ada di destinasi wisata ini yakni ayunan, rumah pohon, dan hammock. Selain itu ada juga dek yang digunakan untuk melihat panorama alam sekitar curug. Spot foto tersebut dikenakan tarif Rp 5.000 per orang.

Meskipun berbayar, spot tersebut sangat diminati oleh para pengunjung. Sampai-sampai menimbulkan antrian yang cukup panjang. So, saat berfoto diharapkan tidak terlalu lama. Namun, jika kamu ingin menghindari hal ini, alangkah baiknya jika kamu datang di waktu pagi hari atau datang saat bukan hari libur.

Tempat Kemah

Para petualang sejati wajib mencoba wahana kemah di tempat ini. Sebab saat malam hari suasana di Curug Cibulao ini sangat berbeda. Kesunyian pun dapat kamu rasakan di tempat ini, hanya suara serangga dan percikan air yang bisa kamu dengar. Untuk menghentikan kesunyian tersebut kamu pun bisa bermain gitar.

Kegiatan ini pun akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman-temanmu. Apalagi jika ditambah api unggun yang menghangatkan. Tentu akan sangat seru dan berkesan.

Tempat ini juga memiliki kios-kios atau warung kecil yang menjual aneka kuliner dengan rasa yang sedap. Jadi, kamu bisa membelinya untuk bekal bermalam di tempat ini. Kamu tidak perlu repot-repot membawa tas besar untuk diisi makanan dan berkemah menjadi lebih simple.

Melompat Dari Ketinggian (Cliff Jumping)

Disamping kolam Curug Cibulao, disini juga terdapat tebing yang biasa digunakan pengunjung untuk melompat ke arah kolam curug yang bening dan segar.

Kamu tinggal menaiki tebing batu tersebut kemudian bersiap mengukur ketinggian dengan kolam. Sangat cocok buat kamu yang suka menantang adrenalin.

Kamu tidak perlu khawatir, bebatuan di tempat ini tidak licin dan aman untuk dinaiki. Namun kamu harus tetap hati-hati agar tidak terpeleset.

Wahana Air

Kolam di Curug Cibulao memiliki kedalaman sekitar 5 meter dan 8 meter. Kedalaman 5 meter ada di curug atas, yang bisa dijangkau dengan berjalan menaiki bebatuan yang ada di pinggiran curug bagain bawah. Sedangkan kedalaman 8 meter ada di curug bagian bawah.

Baca Juga:  Gili Meno Lombok

Air di tempat ini pun tidak terlalu deras. Namun jika kamu takut akan debit air yang tinggi, maka kamu bisa pergi ke tempat ini saat musim kemarau. Sebab saat musim tersebut debit air curug ini relatif sedang.

Airnya yang jernih sangat cocok untuk kegiatan menyelam. Bebatuan di dasar air bisa terlihat dengan jelas. Saat menyelam pun kamu bisa melakukan foto di bawah air (underwater). Sebagai pengamannya kamu bisa menyewa pelampung dengan harga yang relatif murah, yakni Rp 10.000.

Fasilitas yang Disediakan Curug Cibulao Bogor

Berbicara mengenai fasilitas, wisata Curug Cibulao ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada fasilitas yang berbayar ada pula fasilitas yang gratis. 

Fasilitas berbayar di tempat ini diantarannya seperti ruang ganti, persewaan pelampung, aneka wahana, dan parkir kendaraan. Sedangkan fasilitas gratis yang diberikan di tempat ini adalah ruang bilas dan tempat duduk-duduk santai.

Selain itu, pengelola setempat juga menyediakan musholla untuk umat muslim, sehingga kamu bisa berlibur tanpa meninggalkan atau menunda kewajiban kamu.

Adapun kios-kios yang menjual berbagai makanan dan minuman yang lezat. Cocok untuk bekal piknik-piknik kecil. Sehingga kamu tidak perlu membawa bekal dari rumah.

Lokasi Curug Cibulao Bogor

Destinasi wisata Curug Cibulao terletak di Kecamatan Megamendung yang ada di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kamu bisa mencari tahu arah menuju puncak Bogor, 

dari jalan raya Puncak tersebut kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan pribadi. Biar lebih mudah, kamu bisa mengeceknya di Google Maps.

Peta Lokasi

Akses ke wisata ini juga tidak sulit untuk dijangkau, jika kamu dari arah Puncak ambil arah kiri menuju desa Cilember. Setelah masuk desa tersebut kamu bisa ke arah Cimory River Side. 

Nah, setelah sampai tempat tersebut kamu tinggal lurus kemudian belok ke kiri ke arah Jalan Pesantren. Jalanan di sekitar tersebut ada yang masih berupa bebatuan kecil. So, kamu harus berhati-hati, ya!

Jadi, itulah informasi yang dapat diulas mengenai destinasi wisata Curug Cibulao yang ada di kota Bogor ini. Harga tiket masuk beserta fasilitas berbayar lainnya bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Apalagi jika musim liburan seperti hari raya dan hari besar nasional. So, jika tertarik mengunjungi wisata ini, persiapkan semuanya dengan matang agar wisatamu menjadi lebih berkesan.

Gungun Gunawan

Hallo Gungun Disini, Saya adalah Travel Blogger

View stories

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.