• Menu
  • Menu

Cobalah-Tidak Mabuk Perjalanan Lagi Dengan Tips Ini

Salah satu penghalang sebagian orang untuk memulai perjalanan adalah mabuk perjalanan. Rasa mabuk itu kerasa menyiksa sekali dan membuat kapok sehingga banyak orang lebih memilih tidak melakukan perjalanan daripada harus merasakan mabuk perjalanan.
Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mengurangi rasa mabuk tersebut, yaitu:
Pertama, pilih posisi yang tepat. Di mobil, hindari duduk di paling belakang karena disitu guncangan akan lebih terasa. Di kereta api dan pesawat duduklah dekat jendela (kecuali kamu phobia tinggi). Di kapal, pilih kabin yang di tengah karena disitu minim guncangan.
Kemudian, duduklah dengan santai, jangan terlalu tegak. Jika dirasa mulai pusing, hindari tengok kiri-kanan karena akan menghilangkan fokus dan kepala akan lebih merasakan guncangan.
Jangan tegang dan cemas. Buat badan menjadi se-relax mungkin. Makin cemas makin besar rasa mual yang bakal kamu rasakan. Tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, kemudian buang pelan-pelan. Bayangkan saja kamu berada di tempat lain sehingga pikiran tidak terfokus pada rasa mual karena hal itu akan menjadi sugesti dan menyebabkan kamu benar-benar merasa mual.
Makan seperlunya sebelum memulai perjalanan. Jangan terlalu penuh tapi jangan juga kosong karena lambung akan memproduksi asamm secara berlebihan dan berujung pada iritasi lambung yang membuat mual.
Jangan sambil membaca. Membaca bikin matamu dipaksa untuk fokus padahal kondisi tidak stabil, sedangkan tubuh terus menerus bergerak, hal itu yang dapat membuat mual karena banyaknya sensasi yang dikirim ke otak.
Dengarkan musik. Music sudah terkenal sebagai teman killing-time yang paling baik. Musik membuat pikiran menjadi nyaman sehingga kamu bisa mengalihkan pikiran dari menanamkan sugesti bahwa kamu akan mual.
Kemudian sirkulasi udara, sesekali jika bisa, bukalah jendela untuk menghirup udara di luar.
Lancarkan peredaran darah. Kalau kamu tetap mual, coba terapkan gerakan mengepal dan melemaskan jemari tangan dan kaki untuk melancarkan peredaran darah. Pijat-pijat telapak tangan dan kaki secara perlahan. Bisa juga kamu gunakan aromatherapy atau freschcare.
Kira-kira itu yang bisa kamu lakukan untuk menghindari mabuk perjalanan.
Cara terakhir yang bisa kamu terapkan juga adalah meminum obat anti mabuk supaya langsung ngantuk, tapi kan sayang juga kalau kamu gak bisa menikmati perjalanan. Pada akhirnya, keputusan ada di tangan kamu, mau coba tetap melek selama perjalanan atau merem sampai tempat tujuan menunggu dibangunkan teman atau petugas jika sudah sampai di tempat tujuan.
Baca Juga:  Tips Liburan di Rumah: Anak Betah Orang Tua Tak Resah
Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

View stories

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *