Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Celebes Canyon Barru Sulawesi Selatan

/
111 Views

Sudahkah Anda mengenal wisata Celebes Canyon yang ada di Sulawesi Selatan? Nah, di sana terdapat sebuah tempat wisata alam baru bernama Celebes Canyon yang keberadaannya sangat populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena tempatnya yang indah, masih alami, dan pas untuk di jadikan destinasi wisata baik bersama keluarga ataupun orang tersayang Anda.

Celebes Canyon merupakan sebuah tempat wisata berupa sungai yang diapit oleh tebing, batu-batu besar serta cadas alami menjadikan tempat ini memiliki keunikan tersendiri sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto.

Indah, alami, unik serta memiliki air terjun, membuat sungai ini yang jika dilihat sekilas ,mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Aliran sungai mengalir deras dengan air yang jernih membuat tempat ini cocok untuk menghabis akhir pekan membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang penat.

Celebes canyon terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tenete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, tepatnya berada di atas aliran Sungai Ule. Sebenarnya tempat wisata ini pernah di nominasikan sebagai Tempat Wisata Terbaru Di Indonesia dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) 2016.

Bagaimanakah hasilnya? Ternyata Celebes Canyon berhasil meraih juara kedua untuk Tujuan Wisata Baru Terpopuler 2016. Waah semakin meningkatkan minat Anda untuk berkunjung bukan? Pastinya sangat eksotik kok.

DayaTarik

Ketika Anda sudah berkunjung ke tempat wisata satu ini, Anda akan dapat merasakan keunikan dari celebes canyon. Betapa tidak, di sini banyak terdapat hamparan batu karst putih yang indah dan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia . Sekilas jika diperhatikan Celebes Canyon ini mirip dengan wisata Tonjong Canyon di Tasikmalaya dan Leuwi Tonjong di Garut Jawa Barat.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat berenang di aliran air sungai yang kesegarannya tiada duannya. Bahkan juga ketika Anda berada pada salah satu bagian tebingnya, akan terdapat kolam kecil yang berisi air yang jernih dan segar. Itu semua akan memanjakan tubuh Anda dan membuat Anda semakin fress tentunya.

Baca Juga:  Berburu Golden Sunrise Gunung Bromo di Penanjakan

Uniknya di Celebes Canyon ini ternyata airnya tidak sedang surut. Jadi jangan takut ketika Anda datang malah tidak bisa menikmatinya ya. Selain itu, Anda dapat melakukan kegiatan River Tubing bersama dengan rekan-rekan Anda.

Nah, momen ini sangat pas untuk di abadikan pastinya, Anda dapat foto-foto dengan latar belakang pemandangan batu karst putih di Celebes Canyon. Sudah dapat di pastikan jika pemandangan sangat indah dan mempesona, apalagi untuk disimpan dalam memori digital Anda.

Walaupun wisata ini masih tergolong masih baru, namun pesona alamnya yang menakjubkan mampu menghipnotis para pengunjung yang berdatangan ke tempat ini. Sehingga tidak heran jika tempat ini selalu di padati oleh pengunjung, baik dari lokal maupun dari luar daerah. 

Fasilitas

Mungkin karena tergolong sebagai Tempat Wisata Alam yang masih baru, sehingga di Celebes Canyon ini belum sepenuhnya tersedia fasilitas yang memadai. Sehingga masih perlu adanya pembangunan insfrastruktur yang lebih di tekankan lagi ya. Di sana belum ada sebuah toilet, warung makan atau fasilitas lain yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjung.

Namun, bagi Anda pecinta alam, tentunya bukan suatu permasalahan yang vatal bukan? Biasanya yang paling terpenting adalah keindahan alamnya yang ada untuk di nikmati sebagai tantangan.

Celebes Canyon sendiri menjadi surga bagi siapapun pecinta alam atau anak pramuka. Kenapa demikian? Nah ini karena di tempat ini Anda dapat mendirikan sebuah tenda untuk camping. Hanya saja ketika Anda sudah camping harus mentaati peraturan yang sudah di buat oleh warga setempat yaa.

Tiket Masuk

Pemandangan yang asri dan nuansa alam serta bunyi gemrcik aliran air sungai yang sejuk mampu menghilangkan kepenatan. Untuk berwisata ke tempat ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Belum adanya pengelolaan oleh pemerintah setempat sehingga tidak ada biaya tiket masuk. Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp. 5.000/Kendaraann.

Akses & Lokasi

Salah satu tempat wisata yang indah ini terletak tidak jauh dari Kota Makassar Sulawesi Selatan. Untuk mencapai lokasi ini mudah, hanya 1 km dari Jalan Poros Barru-Soppeng, atau hanya butuh 1 sampai 2 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi tersebut. Namun karena belum adanya Papan Petunjuk Besar sebaiknya gunakan google map dan bertanya pada penduduk.sehingga tidak terlewati.

Baca Juga:  Curug Kancil Cibatu Garut-Info Lokasi Sejarah Mitos & Legenda Lengkap

Celebes Canyon lokasinya agak jauh dari jalan utama, agak sulit dilalui untuk 2 mobil, kalau mobil berpapasan salah satunya harus minggir dulu. Jalan menuju lokasi dari tempat parkiran sudah dibuat untuk memudahkan pengunjung, untuk sampai ke sungainya melewati jalan setapak yang nyaman untuk dilalui pejalan kaki, Anda akan melewati pematang sawah dengan jalan yang telah di beton. 

Peta Lokasi

Hingga saat ini banyak wisatawan yang tertarik atau berminat untuk berkunjung ke tempat wisata terbaru di Sulawesi Selatan ini. Ketika Anda berkunjung ke Celebes Canyon ini , Anda harus berhati-hati jika di musim hujan, karena air sungai bisa meluap. Tetap Jaga keselamatan yang utama. Sangat disarankan membawa bekal karena penjual masih jarang, kadang ada kadang tidak ada.

Nah, demikian tadi sedikit penjabaran informasi tentang Celebes Canyon yang ada di Sulawesi Selatan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, terimakasih.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat