Bandung-Kota Paris van Java yang Melegenda

0
()
Bandung, yang merupakan ibu kota Jawa Barat, adalah sebuah kota yang dibangun pada akhir abad ke-19 dan dulunya digunakan sebagai pertahanan pemerintah kolonial Belanda. Kini, bangunan-bangunan peninggalan Belanda bergaya Art Deco masih banyak yang berdiri kokoh di Bandung. Bahkan, Kota Bandung dianggap memiliki koleksi gedung Art Deco paling lengkap di Indonesia. Bangunan dengan gaya Art Deco ini bisa dilihat di gedung-gedung seperti Hotel Preanger, Hotel Savoy Homann, Bank Jabar, Jaarbeurs, Gedung Merdeka, serta beberapa pertokoan lama di sepanjang Jalan Braga.
Bandung berada pada ketinggian 768 meter di atas permukaan laut dan dikeliling oleh gunung-gunung yang membuat udara di kota ini cukup sejuk. Dulu, Bandung dikenal juga dengan sebutan Paris van Java karena kota ini seringkali dikunjungi oleh para turis, baik dalam maupun luar negeri, yang ingin berwisata sekaligus berbelanja. Kini, julukan sebagai kota mode masih belum lepas dari Bandung karena banyaknya factory outlet, butik, distro, dan mall yang banyak berjejer di jalanan utama Kota Bandung.
Selain bangunan-bangunan tua yang begitu memikat, Bandung juga memiliki pemandangan alam yang cantik, khususnya di Bandung Utara (Lembang) dan Bandung Selatan (Ciwidey), dengan berbagai objek wisata yang menarik. Di Lembang misalnya, banyak tempat-tempat rekreasi untuk bersantai bersama keluarga, seperti kebun strawberry, Maribaya, De’Ranch, dan lain sebagainya. Sementara itu, di Bandung Selatan terdapat objek wisata yang sudah sangat terkenal seperti Kawah Putih dan Situ Patenggang. Waktu dua sampai tiga hari rasanya masih belum cukup untuk menuntaskan semua objek wisata yang ada di Bandung.
Saat ini, Bandung telah menjadi tempat liburan akhir pekan bagi warga Jakarta untuk melepas penat disibukkan dengan pekerjaan. Akses dari Bandung ke Jakarta juga semakin mudah sejak adanya Tol Cipularang, yang memangkas perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya menjadi dua jam saja.
Transportasi ke Bandung
Bandung memiliki Bandara Husein Sastranegara yang sudah terhubung ke berbagai kota domestik maupun internasional. Untuk penerbangan domestik, Bandung memiliki penerbangan dari Medan, Pekanbaru, Palembang/Lampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Banjarmasin. Sementara untuk penerbangan internasional, Bandung telah terhubung dengan Kuala Lumpur dan Singapura.
  1. Medan-Bandung-Medan (Indonesia AirAsia, Lion Air)
  2. Pekanbaru-Bandung-Pekanbaru (Indonesia AirAsia)
  3. Palembang/Lampung-Bandung-Lampung/Palembang (Merpati Nusantara)
  4. Semarang-Bandung-Semarang (Merpati Nusantara)
  5. Yogyakarta-Bandung-Yogyakarta (Wings Air)
  6. Surabaya-Bandung-Surabaya (Indonesia AirAsia, Lion Air, Garuda Indonesia, Merpati Nusantara)
  7. Denpasar-Bandung-Denpasar (Indonesia AirAsia, Lion Air, Citilink, Garuda Indonesia)
  8. Banjarmasin-Bandung (Lion Air)
  9. Kuala Lumpur-Bandung-Kuala Lumpur (AirAsia, Indonesia AirAsia)
  10. Singapura-Kuala Lumpur (Indonesia AirAsia)
Banyak cara untuk sampai di Kota Bandung. Selain dengan pesawat, masih ada jasa dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang siap mengantarkan Anda ke Bandung. Perjalanan dengan kereta api bisa menjadi pilihan khususnya bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa. Selain lebih hemat ongkos, sepanjang perjalanan ke Bandung Anda bisa menyaksikan pemandangan alam Jawa Barat yang terkenal cantik.
Saat ini PT KAI menyediakan berbagai macam kereta dari berbagai kota di Jawa ke Bandung, di antaranya:
  1. Dari Jakarta/Gambir: KA Argo Parahyangan (Eksekutif/Bisnis)
  2. Dari Semarang/Tawang: KA Harina (Eksekutif)
  3. Dari Surabaya/Gubeng: KA Turangga (Eksekutif),  Argo Wilis (Eksekutif), Mutiara Selatan (Bisnis)
Untuk informasi lengkap jadwal keberangkatan dan tarif, silakan buka www.kereta-api.co.id
Jika kota tempat tinggal Anda tidak memiliki penerbangan langsung ke Bandung, Anda bisa terbang ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Bandung dengan menggunakan Bus Primajasa yang memiliki rute dari Bandara Soekarno-Hatta dan berhenti di Bandung Supermall  (Bandung).
Namun, jika Anda memerlukan transportasi yang tidak terlalu ramai, Anda bisa memilih berbagai travel, seperti Cipaganti, X-trans, Baraya, dan CitiTrans.
Selain itu, banyak tersedia bus dari berbagai kota , seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bandar Lampung, dan Palembang yang siap mengantarkan Anda ke Bandung.
Transportasi di Kota Bandung
Untuk berkeliling Kota Bandung, ada berbagai macam alat transportasi yang digunakan, di antaranya:
  • Angkot
Baca Juga:  The Gren Forest Resort Lembang
Angkot merupakan alat transportasi umum utama yang ada di Kota Bandung. Sangat banyak angkot yang beroperasi di kota ini dengan tujuan ke berbagai tempat. Jalur angkot ditentukan berdasarkan warna angkot. Ada warna hijau, kuning, merah, putih, biru, dan ada juga yang menggunakan kombinasi dua warna. Ongkos naik angkot tidak tidak tentu, tergantung dari jarak yang ditempuh. Untuk jarak dekat, biasanya dipatok dengan harga Rp 2.000-Rp 3.000. Sementara untuk jarak menengah dipatok dengan tarif Rp 4.000-Rp 6.000. Jika tidak tahu rute angkot untuk menuju tempat tujuan Anda, sangat disarankan untuk bertanya kepada warga lokal maupun sopir angkot.
  • Bus Kota
Bus kota (Damri) merupakan jenis transportasi lain yang ada di Bandung. Rute bus kota ini juga luamayan banyak dengan menghubungkan tempat-tempat tertentu seperti Leuwi Panjang-Ledeng, Leuwi Panjang-Cicaheum, Leuwi Panjang-Dago, dan lain-lain.
  • Taksi
Taksi sangat banyak tersedia di Bandung dan siap mengantarkan Anda kemana saja di seputar Kota Bandung dengan nyaman. Namun, belakangan ini Kota Bandung sering kali macet parah, sehingga Anda perlu mempertimbangkan untuk naik taksi karena harganya bisa sangat mahal.
  • Sewa Mobil
Menggunakan mobil pribadi memang menjadi cara paling nyaman untuk berkeliling Kota Bandung. Jika Anda tidak membawa mobil, mungkin bisa dipertimbangkan untuk menyewa mobil di Bandung. apalagi cukup banyak rental mobil yang tersedia di Bandung.
  1. Cipaganti (Jalan Cipaganti No. 84, Bandung – 022 2034376)
  2. TotalCarRental (Jalan Jajaway Dago Atas 12 FA, Bandung – 022 82520044)
  3. Dirgantara (Jalan Lampung 7, Bandung – 022 2035050)
Objek Wisata Bandung
Tidak diragukan lagi, sangat banyak objek wisata yang berada di Bandung. Di kawasan Kota Bandung, Anda bisa menikmati wisata sejarah berbagai gedung-gedung tua peninggalan Belanda yang bergaya Art Deco. Jangan lupa untuk berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) dan Gedung Sate yang sangat bersejarah. Jika Anda suka dengan wisata budaya, Saung Angklung Udjo bisa menjadi destinasi yang menarik.
Setelah puas berkeliling menikmati wisata kota di Bandung, saatnya untuk berpindah ke Bandung Utara (Lembang) yang menyajikan pemandangan alam menakjubkan. Banyak tempat-tempat rekreasi yang menyajikan berbagai permainan outdoor di Lembang, salah satunya adalah De’Ranch. Memetik strawberry langsung dari pohonnya bisa menjadi kegiatan yang menarik saat berada di Lembang. Saat berada di Lembang, jangan lupa untuk berkunjung ke Observatorium Bosscha untuk melihat teropong raksasa.
Tidak cukup sampai di situ, perpanjang perjalanan Anda hingga perbatasan antara Lembang dan Subang. Di sana terdapat sebuah objek wisata yang sangat terkenal, apalagi kalau bukan Gunung Tangkuban Perahu, sekaligus mengelilingi tiga kawah yang ada di sana (Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas).
Masih belum cukup puas dan punya banyak waktu, saatnya untuk pergi ke Bandung Selatan (Ciwidey) melihat kecantikan Kawah Putih dan Situ Patenggang, serta berbagai macam tempat rekreasi yang ada di sana.
  1. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA)
  2. Taman Hutan Raya Juanda (Tahura)
  3. Maribaya
  4. De’Ranch
  5. Kebun Strawberry
  6. Observatorium Bosscha
  7. Gunung Tangkuban Perahu
  8. Kawah Putih
  9. Situ Patenggang
  10. Bukit Moko
  11. Tebing Keraton
  12. Floating Market
  13. Situ Cileunca
Kuliner dan Belanja
Bandung terkenaldengan kulinernya yang enak-enak. Saat berada di Bandung, jangan lupa untuk menyantap kuliner khas bandung seperti batagor dan siomay yang rasanya juara. Aneka cemilan seperti keripik tempe, keripik oncom, brownies kukus Amanda, sale pisang, dodol, peuyem, martabak bandung dan makanan lainnya bisa dengan mudah ditemui di berbagai tokok yang berjejer di Jalan Dago, Riau, Kemuning, Cihampelas, dan Buah Batu.
Untuk wisata Belanja, Bandung merupakan tempat terbaik. Sangat banyak factory outlet, distro, dan butik yang berjejer di jalanan utama Kota Bandung seperti Dago, Cihampelas, Riau, dan lain-lain yang akan memanjakan Anda sebagai pecinta fashion. Namun, jika Anda lebih suka dengan pernak-pernik kerajinan tangan, Anda bisa datang ke Saung Angklung Udjo atau Galeri Cupumanik di Jalan Haji Umar.
  • Akomodasi
Baca Juga:  Kuliner Bandung Yang Khas Sunda Banget
Bandung memiliki sangat banyak pilihan hotel dan penginapan, mulai dari bintang lima yang nyaman dan super mahal hingga kelas losmen yang sederhana namun murah. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget yang Anda anggarkan. Namun perlu diketahui, Bandung saat akhir pekan sangat ramai karena kebanjiran pengunjung dari berbagai daerah, khususnya Jakarta yang sangat mendominasi. Saat seperti ini, banyak hotel yang penuh, sehingga Anda perlu memesan hotel jauh-jauh hari sebelumnya jika akan datang di akhir pekan.
  1. Dago Guest House (Jalan Bukit Dago Selatan No. 53B)
  2. International Catellya Guest House (Jalan Dr. Rum No. 12 – Telp. 022 4235306)
  3. Hotel Familie II (Jalan Pasirkaliki No. 83 – Telp. 022 6016603)
  4. Hotel Permata Indah (Jalan Pasirkaliki)
  5. Hotel Pelangi Indah (Jalan Pasirkaliki)
  6. Hotel Horison Ultima Bandung  (Alamat: Jl. Pelajar Pejuang 45 No.121, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264Telepon: (022) 7305000
Tips Saat Berwisata di Bandung
  1. Usahakan untuk tidak datang di akhir pekan karena sering kali macet parah.
  2. Bawa payung atau jas hujan saat datang di musim penghujan.
  3. Bawa jaket karena udara di Bandung lumayan dingin terutama saat malam hari.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *