8 Tempat Wisata di Pontianak yang Menarik untuk Dikunjungi

0
(0)
Kota yang terkenal dengan garis khatulistiwanya ini memiliki beragam tempat wisata menarik yang layak untuk anda coba. Di kota ini anda akan menemukan sebuah tugu yang didirikan dengan tujuan untuk menguatkan predikat sebagai kota yang dilalui garis khayal tersebut.
Selain itu, kota yang satu ini juga dilalui oleh dua sungai yakni Sungai Landak dan Sungai Kapuas. Agar orang lain lebih mengenal kedua sungai ini, maka pemerintah mencantumkan dua sungai tersebut ke dalam logo kota. Bagi anda yang ingin mengetahui keindahan apa saja yang ada di kota ini, berikut merupakan tempat wisata di Pontianak yang harus anda kunjungi.
Keraton Kadriah
Tempat wisata di Pontianak yang pertama adalah Keraton Kadriah. Objek wisata ini dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada tahun 1771. Keraton ini dibuat menggunakan kayu Kalimantan yang terkenal kuat. Di halaman, terdapat meriam yang menjadi peninggalan Portugis dan Jepang.
Masjid Jami Pontianak
Lokasi masjid ini tidak jauh dari Masjid Jami Pontianak. Masjid yang juga dikenal dengan sebuatan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman ini menjadi saksi terciptanya kota Pontianak. Masjid ini sengaja dibuat menyerupai rumah panggung supaya tidak kebanjiran jika Sungai Kapuas meluap.
Tugu Khatulistiwa
Tugu ini merupakan salah satu objek wisata kebanggaan kota Pontianak. Di dalamnya terdapat museum yang akan memberikan pengetahuan kepada anda seputar garis imajinasi. Untuk masuk ke dalamnya anda tidak akan dikenakan biaya. Namun jika ingin mendapatkan sertifikat bukti pengunjung yang ditandatangani walikota, anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah.
Taman Alun-alun Kapuas
Sungai Kapuas memang menjadi salah satu keunggulan dari kota Pontianak. Oleh karena itu, tepianya dimanfaatkan sebagai taman yang bisa digunakan untuk berwisata. Tempat wisata seluas 3 hektar ini selalu ramai dikunjungi pada sore dan malam hari. – Simak juga: Tempat Wisata Pantai di Balikpapan
Aloe Vera Center
Objek wisata ini merupakan tempat budidaya tanaman lidah buaya. Lokasinya terletak di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu. Selain melihat keindahan tanaman buaya, anda juga bisa menyaksikan bagaimana cara mengolah tanaman ini menjadi berbagai macam makanan seperti dodol, tepung, dan permen. Disini anda juga bisa membeli oleh-oleh dari produk olahan tersebut.
Pantai Pasir Panjang
Perpaduan antara putihnya pasir, birunya air laut, serta hijaunya pohon kelapa menjadikan pantai ini layak untuk anda kunjungi. Disini anda bisa bermain voli, memancing, berselancar, atau berenang. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, mulai dari cottage, restoran, hingga hotel.
Sinka Island Park
Objek wisata ini merupakan taman rekreasi yang berada di Teluk Ma’jantuh. Di tempat wisata ini, anda akan menemukan pantai, kolam renang, sampai kebun binatang. Jika anda berada di kota Pontianak, maka akan sayang sekali jika anda melewatkan tempat wisata yang satu ini.
Museum Kalimantan Barat
Tempat wisata di Pontianak yang terakhir adalah Museum Kalimantan Barat. Lokasi museum ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani. Tempat wisata ini dibagi menjadi tiga zona dimana masing-masing memiliki koleksi yang berbeda. Disini anda bisa menemukan berbagai koleksi benda kerajaan, koleksi keramik dari Cina, sampai kerajinan seni serta budaya Suku Dayak.
Itulah tempat wisata di Pontianak yang wajib anda kunjungi. Berlibur ke Pontianak bersama dengan teman atau keluarga akan menjadi salah satu petualangan yang tidak akan anda lupakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *