6 Tips dan Trik Liburan yang Gak Bikin Kantong Jebol!

0
()

Maksud hati ingin menjelajah tempat wisata yang bertaburan di penjuru Indonesia namun kadangkala budget tidak bersahabat. Apakah situasi akan membuat Anda tidak jadi menikmati wisata? Banyak jalan menuju ke Roma, ungkapan itu bisa Anda gunakan untuk meraih harapan. Bahwa berwisata bisa dilakukan dengan budget yang minim. Bagaimana caranya?

Pahami keinginan Anda. Dari sekian banyak tempat wisata yang ditawarkan, tentukan secara spesifik, tempat seperti apa yang benar-benar Anda inginkan.Tempat wisata alam, pusat kerajinan tangan, wisata budaya atau campuran dari ketiganya. Seleksilah dari semua itu, pilihlah dengan kualitas maksimal namun dengan budget yang minim, misalnya tiket masuk tidak bayar atau bayar tapi sesuai dengan apa yang didapatkan. Karena banyak obyek wisata yang berbayar mahal namun tidak sesuai dengan manfaat yang didapat.

Keamanan yang utama. Walau akan melakukan wisata murah meriah, bukan berarti Anda akan mengabaikan keamanan diri. Tetaplah memilih akomodasi yang aman dan mengutamakan keselamatan penumpang. Jika harus naik bus ekonomi pun, ada perusahaan oto bus yang tetap profesional meskipun tiketnya berharga murah.

Pilih lokasi wisata yang tidak terlalu jauh antara satu dengan yang lainnya. Sehingga akan menghematkan biaya transportasi dan menghemat waktu. Apabila jarak terlalu jauh, misalnya antar kota antar propinsi tentu tidak akan efisien dan kesannya adalah capek di jalan.

Apabila ingin bepergian dengan pesawat, untuk mendapatkan tiket yang murah, lakukan pemesanan jauh hari sebelumnya.

Perlu persiapan yang matang tentunya kalau kamu mau liburan murah meriah. Kamu mesti cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi liburanmu seperti akomodasi, tiket, transportasi, dll.

Selain itu, liburan murah meriah memberikan sensasi yang berbeda dan lebih seru dan pastinya kenangan liburan itu gak akan terlupa selama hidup kamu. Nah, buat kamu yang pengen liburan murah, 7 tips dan trik berikut ini bisa kamu contoh.
Pilih non-peak season
Sebisa mungkin hindari liburan saat peak season karena semua biaya dari akomodasi dan tiket akan naik. Tipsnya, pilih bulan saat sepi turis atau pengunjung. Nah, rajin-rajin cek kalender ya dari sekarang.
Anda bisa ambil cuti satu atau dua hari kalau perlu. Misal saja ada hari libur pas hari Rabu, Anda bisa ambil dua hari cuti pas hari Senin dan Selasa. Jadi, Anda punya jatah liburan dari hari Jumat sampai Rabu.
Cek promo penerbangan dan hotel
Jauh-jauh hari sebelum liburan, coba deh cek website beberapa maskapai penerbangan dan hotel. Gak jarang lho ada promo dan diskon yang bisa Anda manfaatkan. Cek tiap hari kalau perlu, promo ini biasanya gak lama karena banyak juga orang yang berburu promo seperti ini. Jadi, siapa cepat dia yang dapat!
Hubungi teman atau keluarga di tempat tujuan
Mereka bisa jadi pemandu wisatamu lho. Bahkan Anda bisa banget nginep di tempat mereka buat menghemat biaya. Jadi jangan sungkan memberi tahu kedatanganmu ya. Siapa tau mereka mau mengantarmu explore tempat-tempat ngehits atau kuliner murah dan enak. Selain hemat biaya Anda jadi punya teman perjalanan deh
Gunakan transportasi umum
Selain murah, Anda bisa bertemu orang lokal dan bertanya mengenai spot wisata menarik yang ada di kota itu. Menyewa mobil atau motor yang malah bikin Anda tersesat dan membuang waktu liburanmu.
Jalan kaki
Kalau tempat tujuanmu deket, jangan ragu buat jalan kaki. Anda bisa menghemat biaya transport dan lebih leluasa menikmati suasana kota. Santai aja guys jalannya, Anda bisa juga sekalian foto-foto kalau ada spot menarik di jalan.
Hindari makan di resto atau kafe

Mahal sudah pasti kalau Anda makan di restoran. FYI guys, kuliner sesungguhnya ada di pinggir jalan dan kaki lima. Andabisa nemuin banyak makanan khas lokal di sepanjang jalan yang tentunya leih murah dan lezat dibanding restoran.

Baca Juga:  Kuy Mengisi Liburan Dengan Mendaki Gunung

Alternatif lain untuk berwisata murah meriah adalah dengan menjadi backpacker. Cukup  membawa ransel berisi keperluan pribadi dan sejumlah uang yang tidak terlalu besar, Anda bisa menikmati wisata. Tidak kalah seru dengan wisata berbudget tinggi. Justru Anda akan mengalami banyak hal menarik, melihat kehidupan sosial dan sensasi yang akan menginspirasi hari-hari Anda ke depan.
Jangan lupa membawa kamera. Walau wisata ini murah meriah, bukan berarti tidak diabadikan bukan? Kenangan indah dan pesona wisata dengan segala keunikan dan ciri khasnya layak Anda apresiasi. Dijadikan kenangan di hati dan kelak gambar-gambar itu yang akan bercerita kepada Anda.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *