6 Tempat Menarik Untuk Dikunjungi di Pulau Bawean

0
()
Di Laut Jawa sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik ada sebuah pulau kecil yang masuk dalam administrasi kabupaten Gresik Jawa Timur. Kurang lebih 3 jam bisa sampai menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Gresik. Pulau tersebut bernama Pulau Bawean. Mungkin sudah sering kamu dengar namun banyak juga traveler yang belum pernah mendengar tentang Pulau Bawean.
Terdapat dua kecamatan di Pulau Bawean yaitu Sangkapura dan Tambak. Jumlah penduduk dicatat berjumlah 70.000 orang dengan mata pencaharian yaitu sebagian besar nelayan, petani, dan sebagian besar lainnya menjadi TKI di Malaysia dan Singapura.
Ada apa saja di sana? Selain terdapat banyak potensi wisata alamnya, Pulau Bawean juga menyimpan potensi wisata budaya. Kurang lebih ada enam wisata alam yang bisa kamu nikmati di sini. Berikut 6 Tempat Menarik Untuk Dikunjungi di Pulau Bawean.
Danau Kastoba
Satu-satunya danau di Pulau Bawean. Namanya memang mirip dengan Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Danau yang masih sangat alami ini terletak di kecamatan Tambak, persis di tengah-tengah Pulau Bawean. Untuk sampai ke danau yang berada di atas bukit ini, harus pertama melewati hutan dengan pepohonan, dan melewati tebing-tebing tinggi dengan jalan setapak yang terjal. Air yang tenang dan jernih tentu sayang untuk dilewatkan dan juga tidak ada larangan untuk berenang di sini.
Tanjung Gaang
Jika kamu berkunjung kesini, hamparan batu karang dengan tebing-tebing yang kokoh akan menyambutmu. Lokasi wisata yang berada di ujung barat Pulau Bawean ini bisa kita nikmati dengan 2 cara, yaitu dengan menyusuri laut dengan perahu nelayan dan yang kedua adalah kita menikmati hamparan tebing karang yang luas dari atas tebing sambil menikmati jernihnya air laut Bawean yang berwana hijau dan biru dengan ikan-ikan kecil.
Penangkaran Rusa Bawean
Pulau Bawean mempunyai spesies rusa yang hanya akan ditemui di Pulau Bawean, dengan nama latin Axis kuhlii. Spesies ini tergolong langka dan diklasifikasikan sebagai terancam punah oleh IUCN. Penangkaran seluas kurang lebih 4 ha ini kamu bisa melihat rusa liar dan tidak semua pengunjung diperbolehkan memberi makan pada rusa-rusa liar tersebut. Ada juga ekowisata disini makanya sering juga Pulau Bawean disebut kebun salak karena adanya kebun salak di sini.
Pulau Gili 
Pulau Gili atau Pulau Gili Timur adalah pulau kecil berjarak 2,3 km di timur Pulau Bawean. Untuk bisa mengunjungi pulau ini, kamu bisa menyebrang dengan menyewa perahu nelayan dalam waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Pulau Gili adalah salah satu pulau berpenghuni di Bawean dengan cukup padat. Kurang lebih ada sekitar 700 kepala keluarga dari berbagai macam etnis .Pasir putih, ikan-ikan kecil, air yang jernih, dan sunset adalah hal yang tidak boleh kamu lewati jika berkunjung ke sini.
Pulau Noko
Pasir putih panjang ditambah semak belukar adalah penghias pulau ini. Pulau yang bersebelahan dengan Pulau Gili ini mempunyai luas kurang lebih 1 kilometer persegi dengan seluruh daratannya hanya diisi oleh pasir putih yang indah. Di sini kamu bisa juga snorkeling.
Air Terjun Laccar
Salah satu air tejun di Bawean adalah Air terjun Laccar dengan ketinggian sekitar 10 meter. Kealamiannya masih sangat terjaga. Terletak di Desa Teluk Dalam kurang lebih 15 km dari Sangkapura. Penduduk setempat menyatakan bahwa kurang lengkap jika berkunjung ke Bawean sebelum mandi di air terjun ini.
Kealamiannya yang terjaga membuat kamu merasa menyatu dengan alam dan pastinya membuat kamu betah. Jadi, ayo masukkan Bawean ke dalam list destinasi kamu!

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *