10 Kota Ramah Lingkungan Dari Berbagai Negara

0
(0)
Dalam sebuah sistem di mana setiap aspek kehidupan dianggap penting dan krusial , adalah penting untuk memiliki lingkungan yang bersih dan hijau untuk menggambarkan sebuah ekosistem yang ideal . Tetapi dengan pertumbuhan populasi manusia yang cepat semakin meningkatkan kebutuhan akan sumber daya.
Dampak perkembangan teknologi terhadap lingkungan juga harus dipertimbangkan. Sementara itu pembangunan yang selaras dan berkelanjutan yang juga memperhatikan faktor lingkungan adalah salah satu tujuan pembangunan jangka panjang yang sulit untuk dicapai. keberhasilan pembangunan di kota yang selaras dengan lingkungan dapat kita sebut kota ramah lingkungan.
Untuk itu mari kita lihat kota – kota di berbagai penjuru dunia yang mampu memperhatikan faktor lingkungan dalam pembangunannya. Kota kota ini dapat disebut kota ramah lingkungan. Kota ramah lingkungan ini tidak harus penuh dengan pohon hijau, tetapi mereka dapat mempertahankan kemajuan pembangunan baik dari sisi ekonomi maupun dari sisi lingkungan. Dibawah ini admin lingkunganhijau memilih 10 kota ramah lingkungan terbaik di dunia yang diambil dari berbagai sumber dan referensi :
1. Reykjavik-Islandia
via: www.grindavik.is
Reykjavik merupakan kota terkecil di dalam daftar ini dengan populasi 115.000, merupakan ibukota dari negara Isalandia. Perhatian kota ini terhadap lingkungan sungguh luar biasa. Reykjavik telah memanfaatkan energi dan menghasilkan listrik sepenuhnya dari tenaga air dan panas bumi.  Kota ini juga menggunakan energi terbarukan untuk listrik bus berbahan bakar hidrogen dalam transportasi sehingga bebas dari emisi kendaraan. Dan mereka berencana pada tahun 2050 Revkjavik bebas dari penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil, dan menggantinya dengan sumber energi yang dapat diperbaharui.
2. Portland-Amerika Serikat
Portland-Amerika Serikat | Ian Sane
Terletak di negara bagian Oregon, Portland telah menjadi salah satu kota yang paling ramah lingkungan di Amerika Serikat. Portland telah mendedikasikan untuk menjadi kota ramah lingkungan dengan perencanaan pembangunan yang mendukung program hijau seperti bersepeda di perkotaan, penggunaan energi terbarukan, dan iklan produksi pangan lokal. Kota ini tidak hanya hijau di permukaan. Proses daur ulang dan komunitas pengguna sepeda merupakan yang tertinggi di AS. Portland menjadi kota pertama di AS dalam pelaksanaan kebijakan hijau yang melibatkan perlindungan lingkungan dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca.
3. Curitiba-Brasil
Curitiba-Brasil | Fernando Urbano
Kota Curitiba merupakan kota menengah di negara Brasil, salah satu tempat tujuan wisata terkemuka di Amerika Selatan. Kota ini memiliki 580 meter persegi per penduduk ruang terbuka hijau untuk setiap warganya. Dan yang paling penting 3/4 penduduk di kota ramah lingkungan ini menggunakan alat transportasi umum di kehidupan sehari hari. Hal ini tentunya dapat mengurangi emisi buang gas kendaraan bermotor.
4. Malmo-Swedia
Malmo-Swedia | Maria Eklind
Swedia adalah negara yang pemimpin dalam penggunaan listrik dengan bahan bakar yang dapat diperbaharui. Kota terbesar ketiga di Swedia adalah salah satu model kota ramah lingkungan di negara ini.  Sebagian besar listrik kota ini berasal dari tenaga matahari, angin, air, nuklir serta bio – bahan bakar yang dihasilkan dari sampah organik. Malmo juga dikenal memiliki taman dan ladang yang hijau dengan penggunaan pupuk organik. Salah satu produk organik yang terkenal di kota ini adalah bakso organik.
5. Vancouver-Kanada
Vancouver-Kanada | TOTORORO.RORO
Vancouver adalah kota yang tidak hanya maju secara ekonomi , tetapi juga menawarkan pilihan yang mengagumkan dan mendebarkan karena pemandangan yang indah dan merupakan tempat yang sempurna bagi wisatawan untuk dikunjungi. Sebuah sanctuary hijau mini untuk tanaman dan satwa liar dibuat di taman atap 2,4 hektar di Vancouver Convention Center yang terletak di tengah kota. Varietas serangga, kawanan lebah dan perlindungan bagi burung terdapat di tempat yang sangat dingin ini. Juga terdapat, 400.000 tanaman asli dan berbagai jenis rumput di tamani ini yang ditambahkan untuk melengkapi keindahan panorama disini. Vancouver juga dikenal sebagai pengguna terbesar di dunia pembangkit listrik tenaga air yang  dugunakan untuk menghidupkan 90 % dari total peggunaan energi listrik  di kota ramah lingkungan ini.
6. Copenhagen-Denmark
Copenhagen-Denmark | Tiberio Frascari
Kota ini pernah memenangkan penghargaan European Environtment Management Award untuk kebersihan saluran air dan penerapan pembangunan lingkungan jangka panjang secara menyeluruh.
7. London-Inggris
London-Inggris | www.pixabay.com
London bukan hanya terkenal sebagai ibukota negara Inggris, tetapi juga terkenal sebagai kota ramah lingkungan. Kota ini memiliki restoran dan hotel kelas dunia yang memiliki konsep ramah lingkungan dikarenakan pengaturan pengelolaan dari limbah yang dihasilkannya hotel dan restoran. Salah satu hal unik lainnya yang dapat ditemukan di kota ini adalah penggunaan bus dengan motor listrik untuk mengurangi polusi udara, suara dan penghematan bahan bakar fosil.
8. San Francisco-Amerika Serikat
San Francisco-Amerika Serikat | Abariltur
Kota ini dikenal karena inovatif dan progresif dengan mengintegrasikan praktek hijau dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dewan kota San Francisco melakukan pekerjaan dengan baik dalam melestarikan ekosistem laut kota. Pada tahun 2020, Kota ini berencana untuk menjadi kota bebas sampah dengan mendaur ulang limbah dan mencegah penggunaan kantong plastik dan botol air plastik.
9. Sydney-Australia
Sydney-Australia |
Sydney dikenal untuk menjadi salah satu kota hijau karena adanya kebijakan food waste management atau pengelolaan limbah  dari bahan dan hasil makanan. Rencana untuk masa depan yang dibuat oleh dewan kota berjudul ‘Sydney Berkelanjutan 2030′ melibatkan tantangan untuk meminimalkan efek pemanasan global.
10. Bahia De Caraquez-Ekuador
Setelah dilanda berbagai bencana alam pada ahir tahun 1990-an, Pemerintah dan LSM bekerjama untuk mengembangkan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan. Pada tahun 1999 kota ini mendeklarasikan sebagai kota “Ecological City” berbagai program dikembangkan untuk melindungi keanekaragaman hayati, menanami kembali daerah-daerah yang gundul, dan mengendalikan erosi. Bahia De Caraquez, yang memasarkan dirinya sebagai kota ekowisata, juga mulai pengomposan sampah organik dari pasar publik dan rumah tangga dan mendukung pertanian dan budidaya organik.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *